Home Mobile Android Dampak Negatif Smartphone Bagi Anak

Dampak Negatif Smartphone Bagi Anak

0
158

Saat ini teknologi sudah berkembang dengan pesat dibandingkan dengan 10 tahun yang lalu.  Salah satu teknologi yang saat ini berkembang dengan pesat yaitu smartphone. Dengan hadirnya smartphone tentu saja mengubah cara hidup penggunanya, hal ini dikarenakan smartphone hadir dengan desain yang keren serta dibekali dengan fitur yang inovatif. Selain itu juga dengan hadirnya smartphone tentu saja memudahkan sebagian orang untuk terhubung dengan dunia luar.

Lalu, Apa Saja Dampak Negatif Smartphone Bagi Anak?

Dengan perkembangan smartphone saat ini tentu saja mempermudah kebutuhan manusia. Oleh karena itu setiap orang saat ini memiliki smartphone, mulai dari usia anak-anak sampai usia dewasa. Namun secara tidak sadar smartphone juga membawa dampak negative pada penggunanya, terlebih lagi bagi anak anak. Maka dari itu ada beberapa dampak negatif smartphone bagi anak, diantaranya :

Gangguan Tumbuh Kembang Pada Fisik Anak

Salah satu dampak negatif smertphone bagi anak  yaitu gangguan tumbuh kembang pada fisik anak. Seorang anak yang sering menggunakan smartphone maka akan mempengaruhi aktivitas fisiknya, sehingga membuat gerak anak semakin berkurang. Usia anak-anak seharusnya digunakan untuk melakukan berbagai aktifitas fisik yang dapat membantu tumbuh kembang pada anak, saperti melompat bersepada, berlarian, menari dan yang lainnya, sehingga membuat anak menjadi lebih sehat.

Gangguan Mental Anak

Dampak buruk atau dampak negatif smartphone lainnya bagi anak yaitu terjadinya gangguan mental pada anak. Gangguan mental pada anak dapat terjadi dikarenakan dampak buruk dari konten yang ditonton oleh anak  anak melalui smartphone, sehingga dapat merusak mental anak. Berdasarkan studi yang dilakukan penggunaan smartphone yang berlebihan pada anak dapat menyebabkan kecemasan pada anak, mengurangi tingkat konsentrasi, depresi dan juga gangguan mental lainnya yang akan terjadi pada anak.

Obesitas Atau Kegemukan Pada Anak

Dampak buruk atau negatif smartphone bagi anak selanjutnya yaitu terjadinya obesitas atau kegemukan pada anak.  Asiknya bermain smartphone tentu saja akan membuat anak lupa untuk bermain di luar rumah dan kurangnya aktifitas fisik, hal ini lah yang membuat anak mengalami obesitas dengan cepat. Dikarenakan anak yang  dibekali dengan alat elektronik  dapat meningkatkan resiko obesitas sampai dengan 30 %.

Seorang anak yang mengalami obesitas memiliki resiko yang cukup besar dapat terkena penyakit berbahaya seperti serangan jantung, stroke dan juga diabetes. Oleh karena itu untuk menghindarinya jangan membiarkan anak terlalu banyak berdiam diri tanpa melakukan aktifitas fisik.

Gangguan Pada Perkembangan Otak Anak

Anak yang berusia 0-2 tahun memiliki laju perkembangan otak yang sangat cepat sampai ia menginjak usia 21 tahun.  Selain itu juga perkembangan otak anak pun dipengaruhi oleh stimulasi pada lingkungan di sekitarnya. Maka dari itu stimulasi yang berlebihan dari sebuah smartphone dapat mempengaruhi perkembangan otak pada anak. Selain itu juga resiko lainnya yang dapat terjadi pada anak dan lebih serius yaitu terjadinya gangguan berpikir dan juga proses belajar,sehingga dapat mengganggu kemandirian pada anak.

Gangguan Tidur Pada Anak

Penggunaan gadget yang berlebihan dapat mempengaruhi jam tidur anak. Sebanyak 75% anak yang berusia 9-10 tahun mengalami gangguan dalam jam tidur, hal ini dikarenakan penggunaan gadget yang berlebihan. Hal ini dapat terjadi dikarenakan cahaya yang dihasilkan oleh smartphone menghasilkan sinar biru. Sinar biru inilah yang dapat membingungkan otak pada manusia  sehingga dapat mengganggu jam tidur anak yang pada umumnya dapat di temukan pada siang hari.

Nah, itulah beberapa Dampak negatif smartphone bagi anak yang dapat diketahui, semoga bermanfaat !

No Comments

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here